PORTAL RESMI KABUPATEN MANOKWARI

15 Anak Manokwari Akan Diberangkatkan Kuliah Di China Oleh Pemkab Manokwari dan PT SDIC

2019-05-08 06:07:03 - oleh : mkw

Upaya untuk mengembangkan SDM (Sumber Daya Manusia) untuk bisa menghasilkan bakat-bakat potensial, dilakukan oleh Pemkab Manokwari. Tahun ini, telah ada kesepakatan antara Pemkab Manokwari dan PT SDIC agar bisa membiayai sebanyak 15 orang anak Manokwari untuk melanjutkan pendidikan di China. 15 anak ini nantinya akan mengenyam pendidikan selama 4 tahun. Dimana 1 tahun akan dihabiskan untuk belajar bahasa Cina. Dua tahun untuk memantapkan pendidikan akademis, enama bulan untuk magang di perusahaan yang ada di Cina dan enam bulan lagi untuk magang di perusahaan yang berada di daerah asal dari anak-anak tersebut.

Agus Winarsa, selaku Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Manokwari menegaskan bahwa anak-anak tersebut nantinya akan dibekali dengan pengalaman dan ijazah. Beliau juga menyatakan, kerja sama ini terjalin akibat inisiatif dari pimpinan PT SDIC. Dimana Pimpinan PT. SDIC ini sendiri menganggap lulusan sarjana di Indonesai masih banyak yang belum siap terjun langsung ke dunia kerja. Ini bukan kali pertama anak-anak dari Indonesia bersekolah atas asuhan PT. SDIC. Terhitung lebih dari 100 orang anak yang sudah disekolahkan di PT. SDIC tersebut saat ini.

Sedangkan seleksi anak-anak yang akan terpilih bisa dilakukan langsung oleh pihak PT. SDIC atau dari pihak Pemkab Manokwari sendiri. Soal biaya, Agus Winarsa menyatakan banyaknya biaya yang ditanggung oleh pihak PT. SDIC adalah sebanyak 80 % dan 20 % sisanya ditanggung Pemkab Manokwari dan calon siswa tersebut nantinya.