PORTAL RESMI KABUPATEN MANOKWARI

4 Fakta Unik Saturnus Sepanjang Juli 2019

2019-07-12 05:36:13 - oleh : Yunita Yeimo

Keindahan planet Saturnus dengan cincin esnya bisa dinikmati penduduk Bumi sepanjang Juli 2019. Inilah empat fakta unik Saturnus yang terlihat jelas dari Bumi sepanjang Juli 2019.Keindahan planet Saturnus dengan cincin esnya bisa dinikmati penduduk Bumi sepanjang Juli 2019. Inilah empat fakta unik Saturnus yang terlihat jelas dari Bumi sepanjang Juli 2019.

Keindahan planet Saturnus dengan cincin esnya bisa dinikmati penduduk Bumi sepanjang Juli 2019. Hal ini terjadi karena Saturnus menuju ke titik terdekat dengan Bumi yang disebut sebagai fenomena oposisi Saturnus.

Fenomena alam yang langka ini membuat Saturnus terlihat jelas dari Bumi. Penduduk Bumi bisa melihat keindahan Saturnus dengan mata telanjang. Tapi, jika ingin lebih jelas disarankan menggunakan teleskop.

Puncak fenomena alam langka tersebut terjadi Selasa (9/7/2019), malam. Saturnus terlihat jelas karena berada satu garis lurus dengan Bumi dan Matahari. Posisi inilah yang disebut dengan Oposisi Saturnus. Kondisi tersebut membuat Saturnus bersinar lebih terang dibandingkan malam sebelumnya.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan, fenomena Oposisi Saturnus bisa diamati mulai Selasa malam pukul 18.00 WIB hingga Rabu (10/7/2019), pagi pukul 05.26 WIB. Ketua LAPAN, Thomas Djamaluddin, mengatakan, fenomena mendekatnya Saturnus ke Bumi bisa diamatri dari seluruh wilayah di Indonesia.