PORTAL RESMI KABUPATEN MANOKWARI

Atasi Pengangguran, Wakil Bupati Manokwari Harapkan Penerimaan ASN

2019-04-26 07:24:36 - oleh : mkw

Maraknya kasus yang yang dilaporkan sebagai dampak atas banyaknya pengangguran di Indonesia, sekarang ini menjadi salah satu hal yang memprihatinkan. Di Manokwari sendiri misalnya, ada banyak yang masih belum memiliki pekerjaan tetap dan bahkan masih menganggur. Tingginya angka kelulusan sarjana dan siswa-siswi yang telah lulus disetiap tahunnya selalu meningkat. Ini bahkan tidak berbanding lurus dengan kurangnya lapangan pekerjaan. Bahkan, dari sisi pemerintahan sendiri yakni dengan membuka lowongan untuk ASN alias Aparatur Sipil Negara juga kurang memadai.

Hal ini, tentunya berdampak buruk bagi perekonomian dan tingkat pengagguran akan selalu meningkat. Apalagi, jika misalnya di tahun 2019 ini tidak dibuka lagi kesempatan untuk para calon ASN. Edi Budoyo selaku wakil bupati juga menegaskan bahwasanya peningkatan pengangguran terpelajar ini adalah hal yang memprihatinkan. Walaupun mungkin sudah ada beberapa kuota yang terisi untuk para ASN yang sudah dilantik tahun lalu, tetap saja harus disiapkan lagi kuota ASN 2019 ini.

Selaku Wabup, Edi Budoyo juga menambahkan, bahwasanya ada banyak cara untuk menghitung secara kasar kekurangan ASN ini. Misalnya saja untuk para guru. Ada banyak sekali sekolah yang didirikan di Manokwari. Bahkan, jika dihitung dengan hitungan kasar, masih ada banyak tenaga kerja guru yang dibutuhkan untuk menunjang sarana dan prasarana pendidikan yang baik. Beliau juga menyampaikan, banyak program yang dilakukan untuk mengatasi jumlah pengangguran ini dengan menghitung kebutuhan ASN.