PORTAL RESMI KABUPATEN MANOKWARI

BPBD Siapkan Bantuan Korban Pembakaran Rumah di Tanah Rubuh

2018-01-26 12:49:10 - oleh : fahmi

Manokwari, TP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Manokwari telah menyiapkan bantuan kepada 4 warga di Kampung Indiboi, Distrik Tanah Rubuh yang menjadi korban pembakaran rumah.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Manokwari, J. Jaftoran mengatakan, bantuan yang disiapkan berdasarkan laporan dari Kepala Distrik Tanah Rubuh.


“Memang kepala distrik sudah melapor ke kami dan bantuan sudah ada di gudang. Dilaporkan ada 4 rumah, tetapi yang tinggal lebih dari 1 keluarga. Hal ini juga sudah kita sampaikan kepada pak sekda,” kata Jaftoran kepada Tabura Pos di kantornya, Rabu (24/1/18).


Dijelaskannya, bantuan yang akan diberikan merupakan bantuan yang bersifat kebutuhan mendesak, seperti alat-alat dapur.


“Tapi, kita belum bisa turun berikan karena masih menunggu perkembangan keamanan di sana. Inikan konflik sosial, sehingga keamanan harus tetap terjaga dan kita harus berkoordinasi dengan baik,” jelasnya.


Kepala Bidang Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Manokwari, Ronny Tamela menambahkan, sembari menunggu kondisi keamanan di Kampung Indiboi aman, pihaknya juga masih menunggu informasi kepastian 4 korban berada.


“Kita dengar korban ini sudah tinggal bersama keluarganya yang katanya di Ransiki dan Oransbari, tapi tidak tahu pastinya, sehingga jika kita bawa bantuannya, bantuan tenda dan bantuan makanan mau kasih ke siapa dan dimana,” jelas Tamela.


Ia menerangkan, peristiwa pembakaran 4 rumah di Kampung Indiboi, Distrik Tanah Rubuh juga dikategorikan sebagai bencana, namun bukan bencana yang memerlukan kesiapsiagaan 1 kali 24 jam yang harus mendapatkan bantuan seperti bencana alam.


“Kalau bencana alam seperti banjir, longsor harus 1 kali 24 jam berikan bantuan. Tapi ini adalah konflik sosial sehingga harus aman, agar tidak ada kecemburuan yang lain,” ungkapnya.


Untuk penyerahannya, Tamela mengatakan, pihaknya sudah siap hanya saja tinggal menunggu petunjuk pimpinan dalam hal ini Sekda Manokwari, F.M. Lalenoh dan Kepala Distrik terkait situasi kamtibmas di Distrik Tanah Rubuh.