Bupati Manokwari Canangkan Gerakan Indonesia Membaca

2016-09-27 09:41:00 - oleh : admin

Manokwari, Mediapapua.com - Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan, Kamis (22/9), mencanangkan Gerakan Indonesia Membaca (GIM). Kegiatan ini dipusatkan di Pasir Putih, Distrik Manokwari Timur.

Ketua Panitia GIM, Suprianto, mengatakan, kegiatan ini bertujuan menumbuhkna budaya membaca masyarakat, agar menjadi pembelajaran sepanjang hayat. Kedepan, dapat meningkatkan harkat dan martabat  serta kualitas hidup yang dilandasi dengan budaya bangsa. “Ada tiga hal penting dalam GIM, meningkatkan kecakapan literasi masyarakat, menurunkan jumlah Buta Aksara serta mengembangkan masyrakat gemar belajar,” jelasnya.

Kegiatan diharapkan melahirkan pemahaman yang sama antara pemerintah dan para lembaga serta forum yang sejauh sudah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Manokwari.

Sasaran lain yang hendak dicapai dalam Program GIM adalah, anak-anak usia dini yang mulai mengenal bacaan serta para orang tua maupun lembaga terkait yang sudah mau ikut mengerakan budaya membaca di Kota Injil Manokwari.

Menurut bupati, GIM harus mampu meningkatkan minat masyarakat menjadi aksarawan cerdas, kreatif dan produktif serta melestarikan dan meningkatkan kemampuan membaca dengan baik. Pemerintah mendukung GIM guna berjalan lebih serius dan efektif. Kampung Pasir Putih juga diharapkan mampu menjadi Kampung Literasi percontohan pada pengembangan kampung lainnya. “Program ini harus menyentuh masyarakat, baik di kantor, sekolah maupun rumah, dengan meluangkan Waktu 15 menit setiap hari untuk membaca. Membaca merupakan jendela dunia,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, bupati membagi buku kepada Lembaga Baca di Kabupaten Manokwari.

 

Sumber: Mediapapua.com