Bupati Minta Bantuan Rumah Khusus Dirawat

2017-03-27 10:39:42 - oleh : Petrus


 

Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan, menyerahkan sementara dan hunian rumah khusus di Kampung Soribo, Distrik Manokwari Barat. Puluhan Rumah tersebut diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat, khususnya yang bermukim di kampung-kampung.

Penerima manfaat rumah khusus ini adalah mereka yang masuk program pemerintah, korban bencana alam dan masyarakat yang bertempat tinggal dikawasan terpencil. Termasuk pula masyarakat yang bermukim di kawasan resiko sosial.

Mengingat setiap masyarakat memiliki impian untuk tinggal dan menetap di suatu wilayah yang nyaman, sehingga membutuhkan perhatian pemerintah setempat agar warganya dapat hidup layak tanpa ada kesenjangan sosial. “Saat ini kondisi pemenuhan kebutuhan rumah layak huni di Kabupaten Manokwari masih belum terealisasi sepenuhnya, sebagai akibat pertambahan penduduk setiap tahunnya yang tidak diimbangi dengan ketersediaan rumah di Manokwari,” ujarnya.

Bantuan ini diharapkan mendorong perangkat sistem sosial yang bersifat dinamis serta mendekatkan skema pembangunan yang disusun oleh pemerintah daerah. “Saya minta masyarakat memanfaatkan bantuan ini sesuai diperuntukannya. Jika ada yang mencoba mengambil keuntungan akan berhadapan dengan hukum,” tegasnya.

Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Papua Barat, Desyarmeda Killian, mengatakan, penyerahan rumah khusus ini baru bersifat sementara, mengingat seharusnya lahan tersebut merupakan milik pemerintah daerah yang dihibakan. “Untuk Manokwari, ada swadaya dan khusus, dimana untuk swadaya ada 300 sedangkan khusus ada 25 unit,” paparnya.

Untuk Tahun 2017, alokasi rumah khusus sebanyak 100 unit dan 500 unit, siap dialokasikan buat rumah swadaya yang akan tersebar di tiap distriknya melalui anggaran APBN. 

Sumber:mediapapua.com