Kapolda Siap Tindak Pelaku Tambang Emas Ilegal

2017-03-29 07:56:52 - oleh : Petrus


Pertambangan emas, tak berijin alias ilegal, yang diungkap Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, mendapat perhatian dari jajaran Kepolisian Polda Papua Barat.

Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Drs Martuani Sormin, menegaskan, jajarannya akan memproses hukum atau melakukan penindakan terhadap pihak yang melakukan penambangan emas illegal ini.

“Itu (tambang emas ilegal) akan kita lakukan penindakan. Saya akan tindak,” kata Kapolda, Kamis (23/3/2017), usai menghadiri pembukaan Musrembang Provinsi Papua Barat.

Kapolda belum mau berbicara, tentang kiprah perusahaan tambang emas illegal, yang diduga sudah beroperasi di wilayah Manokwari selama beberapa bulan. Ia minta wartawan untuk bersabar menunggu langkah kepolisian menindak perusahaan emas illegal ini.

“Belum saatnya disampaikan. Tentunya, kami akan lakukan penindakan. Kalau saya bicara sekarang ke media sama saja menyuruh dia (pelaku) pergi,” tuturnya.

Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan, mendukung langkah Pangdam XVIII/Kasuari, untuk menutup kegiatan pertambangan emas illegal. Menurut dia, pertambangan illegal dapat merusakan lingkungan dan masyarakat sekitar.

“Apa yang sudah dilakukan Pangdam, kita berkomitmen mendukung. Karena tambang ini menimbulkan kerusakan lingkungan dan bisa mengakibatkan bencara besar di dataran Prafi,” tandasnya.

Sumber:mediapapua.com