PORTAL RESMI KABUPATEN MANOKWARI

Mobil otomatis Apple sudah banyak berkeliaran di California

2018-01-29 09:50:33 - oleh : fahmi

Apple yang tidak begitu terdengar di kancah mobil otomatis, kini sedang memperluas armada mobil otomatisnya di negara bagian California, Amerika Serikat. Apple mendaftarkan dua lusin kendaraan tambahan di sana.

Ini adalah ekspansi signifikan di tengah maraknya perusahaan-perusahaan bahkan startup kecil, dalam mengembangkan mobil otomatis.

Melansir The Verge, Apple awalnya mendaftarkan tiga SUV Lexus Rx450h, dengan izin untuk menguji kendaraan otonom pada April tahun lalu. Sejak saat itu, Apple telah menambah 2 Lexus tambahan di Juli, Oktober, November, Desember, dan Januari ini.

Tak seperti perusahaan lain seperti Waymo yang dulu milik Google, serta Uber, Apple yang mobil otomatisnya bernama Project Titan ini tak terlalu umbar-umbar.

Dari berbagai rumor yang ada, Apple awalnya berambisi untuk membangun mobil otomatis dari awal, namun ide itu akhirnya dibuang. Kini Project Titan tersebut hanya mengembangkan perangkat lunak untuk mobil otomatis dan berencana melakukan kerja sama dengan perusahaan mobil untuk mengembangkan mobil otomatis Apple. Ide ini pun sudah dikonfirmasi oleh sang CEO, Tim Cook.

Jadi, saat ini sudah ada 27 mobil yang berkeliaran setiap harinya di California. Pada oktober lalu, akhirnya ada warganet yang berhasil mengabadikannya. Dari tangkapan warganet tersebut terlihat bahwa Apple sendiri sepertinya masih dalam tahap uji.

Hal ini terlihat dari sensor yang masih tidak sederhana dan 'ditumpang-tindihkan' di atas mobil. Beberapa proyek mobil otomatis lain bahkan telah mengusung sensor yang sederhana dan terlihat seperti mobil biasa. 

SUMBER : MERDEKA.COM