Orangtua diingatkan kendalikan pengaruh smartphone terhadap anak

2017-08-08 08:51:41 - oleh : Admin Web

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Momentum Perayaan Hari Anak Nasional (HAN), orangtua diingatkan mengendalikan anak dari pengaruh negatif penggunaan smartphone.

Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan, melalui sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Hukum dan HAM Pemda Manokwari, Haryanto Ombesopu, pada acara perayaan HAN di lapangan Borasi Manokwari, Sabtu lalu.

Menurutnya, perlindungan terhadap anak dimulai dari lingkungan keluarga. Karenanya, di era kemajuan teknologi, orangtua dituntut agar mampu meluangkan waktu untuk mengontrol sang anak. Dan dikatakan, kesibukan orangtua sangat berdampak pada anak.

Para guru PAUD dan TK berfoto bersama istri Bupati Manokwari Irma Purnamasari Mandacan, usai karnaval anak-anak PAUD dan TK memperingati Hari Anak Nasional di Lapangan Borarsi Manokwari Sabtu lalu.

Haryanto juga mengemukakan, tak sedikit anak di usia dini, dibiarkan memegang alat komunikasi atau gadget  tanpa mendapat pengawasan orangtua.

“Sangat disayangkan, waktu bermain dihabiskan dengan memegang HP, sehingga mengabaikan kreasi anak-anak,” ujarnya dihadapan ratusan anak PAUD  dan TK yang didampingi orangtuanya.

Peran orangtua dan guru lanjut dia, mengajarkan dan memantau perkembangan sang anak agar tumbuh kembang menjadi pribadi yang baik serta generasi yang berguna.

Dalam perayaan hari anak ini, 69 Taman kanak-kanak (TK) dan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengikuti jalan santai yang dilepas langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Manokwari, Barnabas Dowansiba, dengan mengambil star di eks Kantor Gubernur Papua Barat dan berakhir di Lapangan Borarsi. (mar)