Pindad buat tank boat pertama di dunia

2016-11-03 10:47:57 - oleh : admin

Merdeka.com - PT Pindad kembali mengeluarkan alat tempur terbaru buatannya bernama Tank Boat 105mm. Kapal berbentuk tank ini diklaim belum pernah ada di dunia dan cuma Indonesia yang punya.

Direktur Komersial PT Pindad (Persero), Widjajanto, mengatakan Tank Boat bisa tercipta hasil kerjasama pihaknya dengan PT Lundin Industry Invest dan CMI Defence dari Belgia. Pindad mematok harga Tank Boat sekitar 10 juta sampai 15 juta Euro. Rencananya produk ini mulai dipasarkan Oktober 2017.

Tank boat terbuat dari komposit dengan platform kapal catamaran (double hull). Alat tempur ini memiliki panjang total 18 meter dan berbekal mesin diesel buatan Maschinenfabrik Augsburg-Nrnberg (MAN). Tank Boat mampu melaju hingga kecepatan 40 knots dari perairan dangkal sekitar 1 meter hingga laut lepas.

"Ini kapal pertama, belum pernah ada di dunia. Sangat cocok untuk Indonesia yang punya banyak perairan. Bisa di sungai, danau, rawa karena dia pakai water jet, bukan baling-baling," katanya saat ditemui di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (2/11).

Platform tempur ini juga memiliki bekal persenjataan lain seperti Remote Control Weapon System (RCWS) dengan kaliber 7.62mm dengan sistem nadir dan navigasi canggih. Kelebihannya lainnya yakni memadukan konsep kemampuan tempur dengan boad.

"Kita butuh sistem pertahanan seperti ini. Tembakan langsung 5 Km, bisa juga tembakan artileri 16 Km. Juga dilengkapi dengan rudal palarik. Daya jelajah 2.000 mil, kalau Jawa ke Kalimantan tak perlu refil," jelasnya.

Menurutnya, Tank Boat ini sudah ramai peminatnya baik dari dalam negeri seperti TNI dan luar negeri seperti dari Timur Tengah. "Minatnya mulai antre," ujarnya.

[bim]

 

Sumber: Merdeka.Com