PORTAL RESMI KABUPATEN MANOKWARI

Selain Memecahkan Rekor MURI, Gebyar Sicita untuk Membangun Semangat Nasionalisme

2022-05-21 05:00:04 - oleh : Admin

DPD dan DPC PDI Perjuangan di seluruh Indonesia menyelenggarakan Gebyar Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sita) secara serentak, Jumat (20/05/2022). Gebyar Sicita selain untuk memecahkan rekor MURI, juga untuk membangun semangat nasionalisme.

Untuk Kabupaten Manokwari, Gebyar Sicita dilaksanakan di Lapangan Borarsi. Kegiatan itu dibuka oleh Ketua DPC PDIP Perjuangan Kabupaten Manokwari, Hermus Indou.

Dalam sambutannya, Hermus mengatakan Gebyar Sicita untuk memecahkan rekor MURI, sehingga seluruh rakyat pecinta Tanah Air dan NKRI khususnya pecinta PDI Perjuangan hadir dan memeriahkannya.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tinggi kepada DPC PDIP, segenap pengurus yang telah mempersiapkan dan menyelenggarakan Gebyar Sicita Kabupaten Manokwari dan memberikan kesempatan kepada kita untuk mengambil bagian. Terlebih kepada peserta yang telah mengambil bagian sebagai pesenam Sicita di hari ini kami juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya,” ujarnya.

Menurut Hermus, Gebyar Sicita yang diselenggarakan untuk membangun semangat nasionalisme keindonesiaan dan kecintaan terhadap Tanah Air dan NKRI yang diwariskan oleh founding father, Bung Karno dan Bung Hatta. Dengan demikian, diharapkan kecintaan kepada NKRI tidak akan pernah pudar dan semua peserta Gebyar Sicita berkomitmen untuk membela NKRI di Tanah Papua.

“Kita juga pada kesempatan ini tidak lain adalah kita ingin menyegarkan tubuh dan jiwa kita sesuai dengan pepatah ‘Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat’. Jadi tidak lain, kita ingin membangun kesehatan kita sendiri, dan paling penting kita ingin membangun kekompakan, kebersamaan, persatuan, dan kesatuan seluruh rakyat Manokwari. PDI Perjuangan sebagai partai yang diberikan kepercayaan dan mandat oleh rakyat untuk memimpin negara ini akan bertanggung jawab melakukan hal-hal positif untuk membela kedaulatan NKRI di Tanah Papua khususnya di Kabupaten Manokwari,” tandasnya.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Manokwari, Abdurahman Manganti, menyampaikan bahwa DPP PDI Perjuangan memberikan instruksi kepada seluruh DPD dan DPC untuk memasyarakatkan Sicita. Memasyarakatkan Sicita dimulai dari DPC untuk memperkenalkannya di seluruh daerah di Indonesia.

“Untuk Gebyar Sicita ini masing-masing DPC PDI Perjuangan minimal harus mengikutsertakan 200 peserta. Dan senam itu mengikuti zoom dan live,” katanya.

Peserta yang mengambil bagian dalam Gebyar Sicita Kabupaten Manokwari, katanya, berasal dari pengurus dan simpatisan yang dibawa oleh setiap pengurus DPC. Peserta juga berasal dari organisasi sayap PDI Perjuangan.

“Tadi kita mencapai, bahkan dari laporan tadi ada 210 peserta yang ambil bagian dalam Gebyar Sicita DPC PDIP Kabupaten Manokwari. Dan Manokwari masuk enam besar untuk seluruh Indonesia,” sebutnya.

Dengan adanya Gebyar Sicita ini, tambah Manganti, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Manokwari akan memperkenalkan Sicita di distrik-distrik. Bahkan di bulan lahir Bung Karno, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Manokwari akan mengadakan lomba Sicita.

“Jadi ini akan membumi,” tukasnya. (SM)

sumber : suaramandiri.co