PORTAL RESMI KABUPATEN MANOKWARI

Tambatan Perahu Dibangun Dinas PKP Di Kampung Lebauw Tahun Ini

2019-05-06 02:26:03 - oleh : mkw

Telah direncanakan oleh Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Manokwari, di daerah Kampung Lebauw untuk pembangunan tambatan perahu. Nantinya, pembangunan ini akan memudahkan usaha para nelayan yang membutuhkan tambatan bagi perahu-perahu mereka. Pembangunan ini menggunakan dana DAK atau Dana Alokasi Khusus. Albert Simatupang selaku kepala Dinas PKP menyatakan bahwa pihaknya sudah melakukan survei di Kampung Lebauw guna terlaksana proyek tersebut.

Pembangunan ini sendiri direncanakan akan dimulai pada bulan Mei atau Juni tahun ini. Pembangunan tambatan perahu, nantinya sangat diperlukan oleh nealayan karena daerah ini menghasilkan hasil laut yang sangat banyak. Hanya saja masih sering terkendala masalah geografis dan mereka belum memiliki tempat tambatan perahu dibeberapa lokasi strategis. Simatupang juga menambahkan, proyek ini nantinya akan menggunakan proses lelang. Karena, nilai yang dibutuhkan mencapai 500 juta lebih. Bahkan, menurut Simatupang, selain tambatan perahu diperlukan juga akses jalan menuju daerah pembangunan tersebut.

Ini dikarenakan akses jalan menuju ke sana masih belum ada. Akses jalan yang digunakan untuk menuju daerah pembangunan hanyalah jalan setapak yang masih bersifat sementara. Simatupan mengharapkan jalan tersebut nantinya bisa dimasukkan kedalam DAK afirmasi di tahun 2020 mendatang. Simatupang juga menyatakan sudah mengkonfirmasi dan mencatat hasil permintaan tersebut sewaktu musrembang tingkat Kabupaten Manokwari beberapa waktu lalu.