39 Raperda Diusulkan Masuk Propemperda 2017

2017-03-09 09:09:11 - oleh : Admin Web

Manokwari, Mediapapua.com - Terdapat 39 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) disiapkan masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) Tahun 2017. Raperda yang diusulkan, terdiri dari usulan Pemda Manokwari, sebanyak 24 dan 15 inisiatif DPRD Manokwari.

DPRD Kabupaten Manokwari, mengagendakan pembahasan dan penetapan program pembentukan Peraturan Daerah Tahun 2017, akan dibahas pada tiga masa sidang setelah ditetapkan dalam Program Pembentuan Peraturan Daerah (Propemperda). “Ini akan dibahas dalam tiga masa sidang, yakni, masa persidangan pertama 12 Raperda, masa sidang kedua 17 Raperda, dan masa sidang ketiga 11 Raperda,” kata Ketua Komisi A, Ayu H. Batarai, saat menyampaikan arahan Wakil Ketua II, Daul Ullo.

Untuk Raperda yang diusulkan Pemerintah Daerah Manokwari, yakni merevisi Perda yang sudah lama, penertiban, dan upaya peningkatan perekonomian, pelayanan publik dalam rangka mendorong percepatan kemandirian daerah sebagai otonomi daerah.

Seperti, Reperda Tentang Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek, Perizinan Angkutan Barang Umum, Barang Khusus, dan Alat Berat, Raperda Tentang Bangunan Dan Gedung, Raperda Retribusi, Rapenda Pengawasan Minuman Beralkohol, serta beberapa Raperda lainnya.

“24 Raperda ini dapat diklasifikasikan dalam 7 pembidangan, yakni Bidang Pajak dan Retribusi Daerah, Keagamaan, Perekonomian, Perumahan, Perumahan Kumuh, Perangkat Kampung, dan Bidang Pelayanan Publik,” kata Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo.

“Kami harap, semua usulan Raperda dari Pemda dan DPRD dapat ditetapkan dalam Propemperda tahun 2017,” tuturnya.

Sementara, Raperda inisiatif  DPRD, yang diusulkan masuk Propemperda diantaranya, Raperda tentang Mengatasi Keadaan Luar Biasa, seperti konflik dan bencana alam, Raperda Kerjasama Dengan Pihak Lain, Raperda akibat keadaan tertentu lainnya yang mengakibatkan timbulnya urgensi dan beberapa Raperda lainnya.(mp-12)