Bank Sampah Pramuka Unipa Mulai Beroperasi

2017-03-09 09:07:46 - oleh : Petrus


 

Bank sampah UKM Pramuka Unipa Manokwari berhasil menimbang untuk pertama kalinya limbah plastik selama seminggu sebanyak 300 kg, yang merupakan partisipasi warga kampus dan Humas dan Protokol Setda Kabupaten Manokwari serta Warga Fanindi dalam, Minggu (5/3/2017). 

Kegiatan pengumpulan limbah plastik di lingkungan kampus dan kota Manokwari merupakan aksi nyata anggota pramuka unipa manokwari yang peduli akan bahaya limbah plastic bagi kelangsungkan ekosistem sekitar kita dan merupakan proses edukasi untuk secara sadar merasa bahwa kebersihan merupakan hal penting dalam kehidupan kita.

Ketua Racana Christina Martha Tiahahu, Ester Masriat menuturkan bahwa kepedulian kami diharapkan menjadi kepedulian sesama mahasiswa dan dosen maupun seluruh warga kampus serta masyarakat sekitar dalam membuyakan budaya bersih dengan mengumpulkan limbah plastik dan dibawa ketempat pembuangan limbah plastik sementara milik UKM Pramuka. 

Pembina UKM Pramuka Unipa, Yohanes A. Lebang, menjelaskan, upaya ini telah mulai diikuti oleh beberapa pihak seperti Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Manokwari maupun warga Fanindi Dalam, yang cukup menyumbangkan limbah plastik saat ini.

Selanjutnya dapat disumbangkan langsung ke UKM Pramuka Unipa atau dapat menabung dengan biaya perkilogram sebesar Rp. 500 dan akan dibayarkan setelah tabungan telah berjumlah Rp. 100.000,-.  Adapun jenis limbah yang diterima pada “Bank Sampah’ adalah berbagai jenis plastik yang dihasilkan dari limbah rumah tangga seperti limbah bekas minum, jerigen, bekas oli, samphho, sabun mandi dan sejenisnya.

Lebang berharap, dukungan warga masyarakat dan sasta maupun pemerintah dalam pengadaan karung atau plasti hitam besar penampung limbah plastik yang dirasakan kekurangan karena setiap penimbangan sekitar 100 kantong plastic hitam besar yang dibutuhkan sehingga sebulan berkisar 500 hingga 1000 plastik hitam besar atau karung plastik besar yang kami sangat butuhkan. 

Sumber:mediapapua.com