BKD Benarkan Rencana Penerimaan PNS

2017-02-13 08:42:35 - oleh : Petrus

 

Kabar gembira kini menghampiri para pencari kerja, khususnya yang hendak mengadu nasib sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau di Manokwari.

Rencana penghapusan Moratorium penerimaan PNS mulai mendapat angin segar. Hal ini dibenarkan  Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Manokwari, Anthon Renyaan, belum lama ini.

Anthon menyebutkan, hal tersebut dipastikannya setelah mengikuti pertemuan bersama Menpan di Kota Bekasi beberapa waktu lalu. “Moratorium mungkin akan dicabut dan dikembalikan ke daerah untuk menyusun ulang formasi. Mudah-mudahan dalam Tahun ini bisa ada penerimaan melalui formasi umum,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, untuk tiu saat ini pihaknya tengah menyusun formasinya sesuai dengan perangkat kelembagaan terbaru sesuai dengan PP Nomor 18 Terbaru, mengingat dalam Kelembagaan terbaru terdapat Instansi baru, instansi yang hilang serta peleburan. “Karena kebutuhan Rekrutmen sesuai dengan kebutuhan Instansi karena harus kita analisis ini semua karena harus sesuai aplikasi yang dibutuhkan,” tegasnya.

Sementara, formasi yang dibutuhkan, lanjut dia, tergantung dari kebutuhan setiap instansi, namun yang bisa dipastikan sangat dibutuhkan adalah tenaga medis, guru, serta pelayanan dasar lainnya. “Untuk lebih jelas kita harus melihat dulu kita dapat jatah berapa baru nanti kita bagi merata untuk memenuhi kebutuhan di pemerintahan Kabupaten Manokwari,” jelasnya.

Dirinya juga memprediksi, jika semua berjalan sesuai rencana maka penerimaan PNS baru bisa dilakukan pada Bulan Juli atau Juni, mengingat waktu yang diberikan dari pemerintah pusat terkait pendataan formasi penerimaan hanya diberikan hingga bulan Maret mendatang.

Selain itu penerimaan tersebut juga akan bergantung dari Dana Alokasi Umum yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Manokwari, mengingat di Tahun ini terdapat perubahan Dana Tersebut. “Tapi setiap tahun kami usulkan 1.000 formasi, tinggal dibagikan ke semua jenjang pendidikan serta disesuai dengan DAU,” bebernya.

 

Rumit

 

Secara berbeda, Anthon  menegaskan, permasalahan Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui Jalur Kategori II (K2) merupakan salah satu pekerjaan rumah yang rumit untuk diputuskan.

Ia mengaku saat ini semua berkas administrasi tersebut kini dalam pertimbangkan DPR-RI untuk membuat putusan pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil atau sebaliknya. “Kita belum tau lebih jelas, karena kita sambil menunggu aturan-aturan tersebut tentang K2 yang sisa ini,” jelasnya.

Jika hal tersebut nantinya diakomodir, dipastikan jumlah pegawai negeri sipil di Pemerintah Kabupaten Manokwari akan menyentuh angka 4.000-an PNS. Tentu jumlah tersebut menjadi yang terbanyak di Provinsi Papua Barat.

Diketahui Belum lama ini Pemerintah Kabupaten Manokwari telah menerbitkan SK CPNS melalui formasi K2 sebanyak 500 lebih serta masih tersisa puluhan SK CPNS tersebut yang tertahan di pemerintah pusat. 

Sumber:mediapapua.com