Pemda Manokwari Sosialisasikan Saber Pungli

2017-03-16 07:47:05 - oleh : Petrus


- Mewujudkan Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Manokwari, Kamis (9/3/2017), Satgas Saber Pungli Manokwari sosilisasikan keberadaannya.  Pungutan dalam bentuk apapun akan ditindak pidana jika tak sesuai dengan aturan.

Hadir selaku pembicara dalam acara yang digelar diruang sasana karya kantor Bupati tersebut, Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan, Kapolres Manokwari, AKBP. Christian Rony Putra SIK dan Kepala Kejaksaan Negeri Manokwari, Agus Joko Santoso, SH. 

Dari penjelasan Kajari dan Kapolres, pada prinsipnya, yang dikatakan pungutan liar, yakni penarikan uang yang tidak sesuai dengan aturan. Dengan adanya bukti yang cukup ataupun tertangkap tangan, proses pidana akan dilakukan. “Meminta uang secara paksa, dikategorikan sebagai tindak pidana korupsi dan dapat di pidana jika cukup bukti,” ujar Kajari.

Bukan hanya pungutan liar saja, pemberian imbalan bagi pegawai juga bisa masuk dalam kategori pidana korupsi, yakni gratifikasi. Sehingga diingatkan kepada seluruh pegawai negeri sipil agar tidak lagi melakukan hal-hal tersebut.

Dalam sosialisasi tersebut dipaparkan oleh Bupati terkait dengan peran kepala SKPD untuk membina stafnya, karena jika tetap ditemukan maka proses pidana akan menanti pelaku pungutan liar. “Tidak ada toleransi. Kepala SKPD yang akan mensosialisasikan kepada stafnya. Jika sudah tertangkap tangan ataupun adanya laporan, proses hukum akan ditempuh,” papar Demas.

Ditambahkan, dalam waktu dekat akan dibuatkan pos Satgas Saber Pungli di Kabupaten Manokwari, yang siap melayani laporan dari masyarakat jika praktek pungutan liar terus dijalankan.“Kita akan usahakan ada pos satgas saber pungli, agar masyarakat tau akan lapor kemana jika ada temuan,” pungkasnya.

Sumber:mediapapua.com