PORTAL RESMI KABUPATEN MANOKWARI

Tari Tumyor dan seka sambut Penjabat Gubernur Papua Barat

2022-05-19 04:08:52 - oleh : Admin

Manokwari,(19/05), menggunakan pesawat komersial , Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs Paulus Waterpauw, M.Si yang di Lantik oleh Mentri dalam negeri pada 12 Mei lalu, pagi tadi tiba di Manokwari.

Kedatangan Penjabat Gubernur Papua barat di bandara rendani Manokwari , langsung di sambut dengan tarian tumyor asal Fakfak serta tari Seka dari Kaimana.

Tarian Tumyor, dengan iringan lagu swodebe yang berarti kau sudah kembali , yang mengisahkan tentang seorang pemimpin  yang kembali ke kampung dan negerinya untuk memimpin kaum keluarganya di negerinya sendiri. Di mainkan oleh sanggar tari tomandin suku mbaham mata Fakfak .

Selain tarian tomyor dan seka, prosesi adat juga di lakukan oleh tetua adat suku mbaham mata Fakfak dan juga Kaimana, sebagai ucapan selamat datang kepada Penjabat gubernur Papua Barat yang juga sebagai anak adat Fakfak dan Kaimana.

Setelah prosesi penjemputan Penjabat gubernur dilakukan secara adat Fakfak dan Kaimana, selanjutnya diserahkan kepada kepala suku besar arfak Dominggus Mandacan, yang juga mantan Gubernur Papua Barat dan kemudian di sambut juga secara adat suku arfak.

Turut hadir ,dalam penjemputan penjabat gubernur Papua Barat, mantan wakil gubernur Papua barat muhammad lakotani, Pimpinan Forkopimda Provinsi papua barat, bupati Manokwari Hermus Indou serta para pimpinan OPD di lingkup Pemprov Papua Barat. esuai jadwal , serah terima jabatan Gubernur Papua Barat kepada Penjabat Gubernur Papua akan dilangsungkan pada Jumat 20/05 besok bertempat di kantor gubernur Papua barat. (kd)

sumber : papuabarat.kabardaerah.com